engineer bekerja

Apa Itu Human Machine Interface? Bagaimana Fungsi dan Cara Kerjanya?

Human machine interface (HMI) menjadi landasan utama dalam menyajikan visualisasi yang dapat dilihat mata manusia pada layar perangkat elektronik. Menurut kamu mengapa komputer atau perangkat lainnya bisa menyajikan suatu gambar, grafik, atau visual yang bisa dilihat oleh mata? Atau pernahkah kamu membayangkan bagaimana kamu bisa mengembangkan ilmu pengetahuan atau meningkatkan proses produksi tanpa visualisasi ini? 

Lalu sebenarnya, dari mana asalnya visualisasi pada perangkat elektronik yang bisa dilihat mata manusia? Perlu kamu ketahui bahwa visualisasi ini berasal dari human machine interface atau disingkat HMI.

HMI merupakan perangkat yang digunakan untuk antarmuka terhadap proses agar mempermudah manusia dalam mengontrol atau melihatnya. Sehingga visualisasi yang tadi disebutkan seperti halnya grafik, ini dihasilkan oleh HMI. Contohnya adalah HMI Delta.

Nah, untuk mengetahui lebih lanjut apa itu human machine interface, mari kita perdalam pengetahuan ini dengan mengenal fungsi serta cara kerja HMI berikut. Silahkan disimak ya!

Human Machine Interface

Apa fungsi HMI dalam dunia otomatisasi?

Setelah mengetahui tentang apa itu HMI, kamu tentu saja perlu mengetahui juga apa fungsi dari perangkat satu ini. Secara umum, human machine interface berperan untuk menjadi penghantar antara sebuah proses komputasi dengan manusia itu sendiri. Dalam melakukan kontrol dan optimasi, tentu saja mata manusia tidak bisa menangkap hal seperti proses yang terjadi dalam perangkat. 

Oleh karena itu, HMI di sini berperan sebagai perantara yang mempermudah pekerjaan manusia. Tetapi selain fungsi umum yang telah disebutkan di atas, kamu juga bisa mengetahui beberapa fungsi lain dari HMI sebagai berikut.

1. Memonitor kinerja mesin secara langsung

Seperti yang telah umum diketahui bahwa dalam suatu mesin terdapat beberapa parameter yang bisa diatur pada besaran yang dikehendaki. Fungsi pertama HMI adalah untuk melakukan pengawasan terhadap kerja mesin itu sendiri. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa mesin bekerja secara optimal dan tidak terkendala.

Sebagai contoh, beberapa parameter pada mesin yang sering kali diamati lebih lanjut adalah sensor suhu, tekanan, jarak, keadaan saklar dan katup apakah terbuka atau tertutup, dan masih banyak lagi.

2. Mengontrol actuator melalui tombol

Sebelum mengetahui fungsi HMI satu ini, kamu perlu tahu bahwa actuator dalam hal ini merupakan suatu perangkat atau alat yang dapat mengubah arah dari suatu proses. Sederhananya, apakah kamu terbiasa menggunakan mesin ATM? Terdapat beberapa tombol pada mesin ATM yang mengarahkan kamu pada suatu proses yang dikehendaki. Tombol pada ATM tersebut merupakan salah satu contoh actuator.

Nah, secara umum HMI menyediakan kontrol ini dimana terdapat beberapa input yang bisa mengarahkan suatu proses pada output yang berbeda. Selain secara manual seperti mesin ATM, ada juga HMI yang bisa dijalankan secara otomatis.

3. Pengumpulan dan penyimpanan data dalam satu koleksi data

Penyimpanan Data

Umumnya data bisa berupa data pengukuran, status alarm, status sistem yang diwakili oleh status valve sebagai actuator, penyimpanan data, serta tanggal pengumpulan.

4. Menyimpan history dan summary alarm

Tujuannya adalah untuk mengetahui alasan terjadinya penyimpangan dalam sebuah sistem.

5. Menyajikan grafik dari sebuah proses yang ada di plant

Contohnya grafik yang menunjukkan proses kenaikan serta penurunan beban utama yang terkoneksi ke generator baik secara real time ataupun historical. Begitu juga dengan trending yang bisa dilihat secara online real time atau historis.

Cara kerja human machine interface

Tahapan terakhir dalam mengenal lebih lanjut HMI adalah mengetahui bagaimana perangkat ini bekerja. Sebelum mengetahui prinsip kerja perangkat human machine interface, kamu perlu mengetahui tiga komponen ini agar lebih mudah untuk memahami cara kerjanya.

  • Sensor atau actuator, perangkat yang memungkinkan penggunanya melakukan input data
  • Programmable Logic Controller (PLC), perangkat yang digunakan untuk memproses data yang di input
  • HMI, perangkat yang menyediakan tampilan atau antarmuka

Setelah suatu input terdeteksi oleh sensor atau sengaja dimasukkan secara manual dengan actuator, PLC akan memproses data tersebut dan mengolahnya. Selanjutnya, data yang telah diolah PLC akan diteruskan pada HMI sehingga dalam hal ini HMI akan menyajikan visualisasi data tersebut. Anda bisa mempelajari PLC lebih detail dalam artikel Pengetahuan Dasar Mengenai PLC: Jenis, Fungsi, Komponen, dan Prinsip Kerjanya berikut.

Keuntungan menggunakan HMI

Berikut ini beberapa keuntungan dan manfaat dalam menggunakan perangkat human machine interface, seperti HMI Delta yaitu:

1. Pengurangan ukuran panel kontrol

Dengan menggunakan kemampuan dalam menjalankan beberapa fungsi melalui perangkat lunak, maka kebutuhan dalam memasang hardware akan berkurang, sehingga ukuran peralatan yang dibutuhkan menjadi lebih kecil.

2. Pengurangan biaya kabel

Dengan menggunakan HMI, Anda tidak akan membutuhkan rangkaian kabel yang rumit dan mahal. Selain itu, tugas yang sama juga akan dijalankan melalui pengaturan software.

3. Standarisasi panel kontrol

Standardisasi Panel Kontrol

HMI memungkinkan melakukan standarisasi panel kontrol karena pengaturan data layar dapat diubah menggunakan software, meskipun ada perubahan spesifikasi.

4. Nilai tambah untuk panel kontrol

HMI mempunyai fitur seperti grafis dan tampilan interface. HMI dapat menjalankan berbagai macam fungsi yang dapat menambah nilai panel kontrol.

Baca juga: Ketahui Fungsi, Desain, dan Tipe Tampilan Visual Human Machine Interface Berikut!

Sekian pemaparan mengenai apa itu human machine interface, fungsi, dan cara kerjanya. Semoga artikel ini bisa membantu kamu memperluas wawasan kamu, ya!

Jika Anda sedang mencari HMI (human machine interface), temukan di distributor HMI SemarangDelta Mitra Solusindo. Kami merupakan authorized distributor dan system integrator DELTA industrial automation di Indonesia. Kami menyediakan berbagai produk DELTA, termasuk HMI DELTA. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Comments are closed.