Fungsi dan Jenis HMI

Ketahui Fungsi, Desain, dan Tipe Tampilan Visual Human Machine Interface Berikut!

HMI atau human machine interface adalah merupakan perangkat lunak yang menghubungkan antara proses dengan operator atau pengguna itu sendiri. HMI menghasilkan output berupa tampilan visual yang mudah dimengerti manusia. Namun, apakah kamu pernah penasaran bagaimana antarmuka HMI bisa dihasilkan? Bagaimana cara mendesainnya?

Untuk mengetahui hal-hal tersebut, berikut merupakan pembahasan lebih lanjut mengenai fungsi dari HMI itu sendiri, desain HMI yang seharusnya, hingga tipe tampilan HMI yang berbeda. Silahkan menyimak informasinya dengan baik, ya!

Apa itu human machine interface?

Human machine interface adalah teknologi yang berfungsi sebagai antarmuka antara manusia (pengguna) dengan mesin atau sistem. Ini memungkinkan interaksi manusia yang efektif dengan perangkat atau sistem melalui elemen visual, auditif, atau bahkan taktil.

HMI biasanya digunakan untuk mengontrol dan memantau operasi mesin, sistem otomatisasi, atau perangkat elektronik lainnya dengan cara yang intuitif dan mudah dipahami oleh pengguna. Contoh umum HMI termasuk layar sentuh, tombol-tombol, lampu indikator, serta perangkat keras dan perangkat lunak lainnya yang dirancang untuk memfasilitasi interaksi manusia dengan mesin.

Dengan bantuan HMI, pengguna dapat memberikan perintah, memonitor status operasional, dan menerima umpan balik dari sistem dengan cepat dan efisien. Ini membuat HMI menjadi komponen penting dalam berbagai aplikasi, termasuk industri manufaktur, otomatisasi industri, kendaraan, sistem kontrol, dan banyak lagi. Ketahui lebih lanjut kelebihan dan kekurangan teknologi ini dalam artikel Mengeksplorasi Kelebihan dan Kekurangan HMI dalam Dunia Industri berikut.

Fungsi HMI secara umum

Human Machine Interface Adalah Software yang Tepat Untuk Melakukan Visualisasi Data

Mari mulai pembahasan dengan mengetahui apa saja fungsi HMI. Berikut merupakan beberapa fungsi human machine interface yang telah dirangkum dalam bentuk poin.

  • HIM berfungsi dalam monitoring serta menyediakan informasi kondisi berupa input dan output pada sebuah proses yang tengah berlangsung. Informasi ini selalu diperbaharui setiap saat sehingga bersifat real time.
  • Perangkat ini dapat menentukan kondisi output tergantung pada data input yang terbaca oleh sensor.
  • Fungsi lain dari human machine interface adalah kemampuannya dalam mengambil serta menyimpan data. Beberapa contoh data yang diambil oleh HIM adalah data pengukuran, status, tanggal pengambilan dan penyimpanan data, serta masih banyak lagi.
  • Human Machine Interface juga dapat mendeteksi suatu proses terutama apabila terdapat sekuens proses yang tidak sesuai dengan yang terprogram. Ketika hal ini terjadi HIM akan menyalakan alarm sehingga operator sadar akan adanya kesalahan ini.
  • Fungsi terakhir dari human machine interface adalah melakukan visualisasi data. Data yang dimaksud adalah proses termasuk di dalamnya input dan juga output. HIM akan menampilkan tren yang terus menerus diperbaharui selama proses berjalan dalam bentuk grafik.

Desain antarmuka yang Ideal

Sebuah proses yang menghasilkan output yang baik adalah dengan memastikan desain HMI dibuat seideal mungkin agar operatornya mudah untuk mengoperasikan perangkat. Setidaknya terdapat tiga hal yang perlu diperhatikan untuk memastikan desain antarmuka HMI dikategorikan sebagai desain yang baik.

1. Layout

Pastikan dalam mendesain HMI untuk selalu menyediakan informasi yang akurat dan lengkap. Tetapi selain hal itu, penting juga untuk memastikan data termasuk informasi lainnya untuk mudah dibaca, untuk itu diperlukan tata letak yang benar. Hal ini penting untuk dipastikan sehingga pengguna dapat membaca semua informasi yang disediakan dengan jelas tanpa menimbulkan ambiguitas.

2. Icon

Selanjutnya yang tidak kalah penting adalah memilih icon yang menarik dan representatif. Representatif yang dimaksudkan disini adalah untuk memastikan pengguna dapat menggunakannya dengan mudah dan tidak perlu interpretasi lebih lanjut untuk mengerti tampilan pada HMI. Memilih icon yang mudah dimengerti penggunanya akan mempercepat suatu proses pekerjaan.

3. Warna

Selain icon, warna adalah komponen lain yang bisa merepresentasikan berjalannya suatu proses. Biasanya terdapat dua kelompok warna yang sering digunakan dalam tampilan antarmuka HMI. Warna merah, kuning, dan oranye menunjukkan suatu tindakan atau aksi yang tengah berlangsung atau bahkan dibutuhkan. Sementara itu, warna hijau, biru, ungu, dan violet menunjukkan suatu status informasi.

Tipe tampilan visual HMI yang harus diketahui

Tampilan Visual HMI Digital

Umumnya terdapat dua jenis tampilan visual yang disajikan HMI yakni analog dan digital. Tipe tampilan analog akan menunjukkan pada operator hal yang berkaitan dengan parameter mesin seperti skala. Sementara tipe digital akan menyajikan informasi berupa angka dan grafik. 

Supaya lebih jelas tergambarkan, contoh alat dengan tampilan analog adalah skala tekanan atau suhu pada mesin. Sementara tipe alat dengan tampilan digital misalnya saja jam tangan digital dan kalkulator.

Sekian pemaparan mengenai fungsi, desain, dan tipe human machine interface yang bisa sedikit membantu membuka pemahaman kamu mengenai HMI. Meskipun sedikit, semoga informasi yang telah disampaikan membantu kamu memperluas wawasan kamu, ya!

Apakah Anda sedang mencari HMI Delta?

Setelah mempelajari tentang HMI, inilah saatnya untuk mengambil langkah nyata. Dapatkan HMI Delta berkualitas premium yang Anda butuhkan dari Delta Mitra Solusindo. Jangan lewatkan kesempatan untuk meningkatkan efisiensi dan kinerja mesin Anda dengan solusi terbaik dari kami!

Alamat: Jl. Diponegoro VI No. 63, Kec. Banyumanik, Kota Semarang
Telepon: +62 24 7640 2285
WhatsApp: +62 811 320 0880
Email: sales.admin@deltamitrasolusindo.com
Jam kerja: Senin – Jumat (08.00 – 17.00 WIB)

Comments are closed.