Inverter Delta C2000 30 kw

Mengenal Penyebab Berbagai Masalah Pada Inverter

Inverter menjadi salah satu komponen terpenting sekaligus paling rumit dari sistem independen. Meskipun demikian, Anda perlu mengetahui definisi, fungsi hingga masalah apa saja yang bisa terjadi pada inverter.

Definisi Inverter

Inverter adalah perangkat yang secara elektronik mengubah arus listrik DC (direct current / arus searah) ke bentuk arus AC (alternating current / arus bolak-balik). Inverter biasanya memiliki tegangan yang lebih rendah dari sumber input-nya, tetapi dengan efisiensi yang lebih tinggi. Inverter kunci mekanik atau sistem bolak-balik secara otomatis mengubah arus dari satu sumber listrik ke sumber lain tanpa adanya penyesuaian ulang.

Fungsi Inverter

Inverter memiliki fungsi yang sangat berguna untuk berbagai tujuan, seperti menyediakan daya listrik yang dapat disimpan dan digunakan kapan saja. Inverter juga membantu meningkatkan efisiensi dan mencegah kehilangan listrik di antara banyak perangkat yang berbeda.

Selain membantu menyimpan dan mengalirkan listrik, inverter juga dapat digunakan untuk mengubah bentuk dan tegangan arus listrik. Dalam beberapa situasi, perangkat ini dapat membantu meningkatkan efisiensi listrik. Inverter menjadi alat yang berguna untuk memperkecil atau memperbesar daya yang dihasilkan oleh sumber listrik, tergantung pada tipe inverter yang digunakan.

Selain itu, inverter juga dapat digunakan untuk melindungi perangkat yang disambungkan ke sumber listrik. Beberapa inverter memiliki fitur seperti protector surge dan fitur off otomatis untuk memastikan ketersediaan listrik terus beroperasi dengan baik. Inverter juga membantu mencegah arus pendek yang menyebabkan kerusakan pada beberapa perangkat.

Secara keseluruhan, fungsi inverter sangat penting bagi pemilik perangkat listrik di rumah atau di sebuah bisnis. Kemudian juga, inverter dapat membantu Anda menghemat biaya listrik. Untuk mengetahui lebih lanjut, Anda dapat membaca artikel berjudul Fungsi Inverter Beserta Prinsip Kerjanya.

 Inverter Delta VFD-EL-W Series

Masalah Pada Inverter

Dengan segala fungsi dan kebaikannya, berikut adalah masalah paling umum yang membuat inverter rusak atau tidak berfungsi dengan baik:

1. Sambungan baterai rusak

Baterai yang terhubung ke inverter mungkin memiliki koneksi yang lemah atau tidak terhubung sama sekali.

2. Terminal baterai terkorosi

Jika inverter digunakan dalam waktu yang cukup lama, terminal baterai mungkin mengalami kerusakan akibat korosi yang disebabkan oleh tingginya kelembaban atau oleh pelepasan gas hidrogen. Ini dapat menyebabkan koneksi yang lemah antara baterai dan inverter, yang pada gilirannya dapat menurunkan kinerja sistem. 

3. Saklar daya yang rusak

Jika inverter sama sekali tidak menyala, mungkin saja terdapat masalah pada saklar daya yang ada pada inverter tersebut. Saklar daya bertugas untuk menyalakan atau mematikan inverter, jika sakelar daya rusak atau tidak berfungsi dengan baik, maka inverter tidak akan dapat menyala. 

4. Baterai habis

Untuk masalah yang satu ini, mungkin bukan bersumber dari inverter, melainkan pada baterai. Baterai yang tidak memiliki cukup daya akan menyebabkan inverter tidak dapat menyala atau bekerja dengan baik.

5. Sekering putus

Inverter memiliki pengaman berupa sekering, dan jika arusnya berlebih, maka sekring akan putus demi mengamankan inverter.

6. Alarm berbunyi terus menerus

Bunyi ‘bip’ pada alarm inverter pertanda terjadi kelebihan beban atau terjadi kemacetan pada kipas pendingin. Untuk hal yang satu ini, dapat diatasi dengan hilangkan beban atau hubungi bantuan profesional.

7. Mosfet Rusak

Mosfet merupakan salah satu komponen utama inverter yang berfungsi sebagai pengatur daya. Pada inverter berkualitas rendah, kerusakan pada mosfet adalah masalah yang biasa.

Masalah Umum Inverter dalam Penggunaan Sehari-Hari

Meskipun sangat berguna, inverter memiliki beberapa common problem yang perlu diperhatikan oleh pemilik atau pengguna. Salah satu masalah umum yang bisa terjadi dengan inverter adalah soal keselamatan. Beberapa model inverter mungkin tidak cukup aman untuk digunakan di rumah atau di lokasi tertentu. Hal ini disebabkan karena inverter dapat menyalakan arus listrik yang berbahaya.

Inverter juga dapat berada dalam konfigurasi yang salah dan juga dapat memiliki bagian yang rusak. Jika terjadi, inverter mungkin tidak akan bekerja seperti yang diinginkan. Dan berikut adalah masalah umum inverter dalam penggunaan sehari-hari:

1. Kesalahan pengaturan parameter

Inverter yang biasa digunakan umumnya dilengkapi dengan nilai default untuk setiap parameter saat dikeluarkan dari pabrik. Nilai ini dikenal sebagai nilai pabrik. Dalam hal ini, pengguna dapat mengoperasikan inverter secara normal melalui operasi panel, tetapi operasi panel tersebut mungkin tidak sesuai dengan persyaratan sistem transmisi yang diinginkan. 

Oleh karena itu, pengguna harus menyesuaikan nilai parameter inverter sesuai dengan kebutuhan sistem transmisi yang digunakan, agar dapat beroperasi dengan optimal.

2. Masalah tegangan lebih

Tegangan lebih pada inverter terkonsentrasi pada tegangan anak sungai dari bus DC. Dalam kondisi normal, daya DC inverter adalah nilai rata-rata setelah penyearah gelombang penuh tiga fase. 

Jika dihitung dengan tegangan saluran 380V, tegangan DC rata-rata Ud=1.35U saluran=513V. Namun, ketika terjadi tegangan lebih, maka kapasitor yang digunakan untuk menyimpan energi pada bus DC akan terisi. 

Tegangan ini akan mencapai sekitar 760V, dan perlindungan tegangan lebih pada inverter akan bekerja. Namun jika tegangan melebihi batas normal, maka inverter dapat rusak. Oleh karena itu, inverter memiliki rentang tegangan kerja normal yang harus diperhatikan agar tidak merusak peralatan.

3. Kesalahan arus lebih

Ada tiga jenis gangguan arus berlebih, yaitu percepatan, perlambatan, dan arus lebih dengan kecepatan konstan. Gangguan ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti waktu percepatan dan perlambatan inverter yang terlalu pendek, perubahan beban yang tiba-tiba, distribusi beban yang tidak rata, korsleting pada keluaran, dan lainnya. 

Untuk mengatasi masalah ini, dapat dilakukan beberapa tindakan seperti memperpanjang waktu percepatan dan perlambatan, mengurangi perubahan mendadak dari beban, menambah komponen pengereman yang memakan energi, hingga memeriksa jalur. Namun jika masalah ini tetap terjadi, maka inverter harus diganti. Ini menunjukkan bahwa rangkaian inverter mengalami loop dan tidak dapat diperbaiki lagi.

4. Kesalahan kelebihan beban

Kesalahan beban berlebih dapat dibedakan menjadi dua jenis yaitu beban berlebih frekuensi variabel dan beban berlebih mesin listrik. Hal ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor seperti waktu akselerasi yang terlalu singkat, pengereman DC yang berlebihan, tegangan jaringan yang terlalu rendah, dan beban yang berat. 

Untuk mengatasi masalah ini dapat dilakukan beberapa tindakan seperti memperpanjang waktu akselerasi, memperpanjang waktu pengereman, dan memeriksa tegangan jaringan. Namun jika masalah ini tetap terjadi, maka harus memastikan bahwa motor dan inverter yang digunakan dapat menggerakkan beban yang ada. Hal ini juga dapat disebabkan oleh pelumasan mekanis yang buruk.

5. Kegagalan lainnya

Selain 4 masalah umum dari inverter yang disebutkan di atas, ada masalah inverter lainnya seperti berikut:

  • Undervoltage: Menunjukkan adanya masalah pada bagian masukan daya dari inverter, yang hanya dapat dioperasikan setelah diperiksa secara rinci.
  • Suhu terlalu tinggi: Jika motor dilengkapi dengan perangkat pendeteksi suhu, periksa pembuangan panas dari motor. Namun jika suhu inverter terlalu tinggi, periksa sistem ventilasi dari inverter tersebut.
  • Keadaan lain: Jika terjadi masalah seperti kegagalan perangkat keras, masalah komunikasi, dan lainnya, Anda dapat menghubungi pemasok untuk mendapatkan bantuan atau juga ke tempat jasa servis.

Cara Memperbaiki Inverter yang Rusak

Jika mendapatkan inverter yang rusak dan dianggap mati, mungkin saja tidak sepenuhnya rusak. Ada beberapa masalah yang dapat diperbaiki sendiri dengan melakukan pemeriksaan pada inverter tersebut. Berikut ini adalah beberapa hal yang dapat dilakukan jika mendapatkan inverter yang rusak:

1. Masalah saklar daya yang rusak

Saat power inverter tidak menyala setelah menekan saklar daya, masalahnya mungkin pada saklar tersebut. Pertama-tama, Anda harus memeriksa apakah sakelar tersebut dalam kondisi baik atau tidak dan prosesnya mudah dilakukan. Lepaskan power inverter dari sumber listriknya, colokkan perangkat lain ke sana dan hidupkan. 

Jika perangkat tersebut tidak menyala, Anda harus mengganti saklar daya. Hubungi ahli listrik profesional dan dapatkan unit pengganti untuk sakelar tersebut untuk menggantinya. Namun jika Anda tidak keberatan melakukannya sendiri, Anda juga bisa menggantinya sendiri.

2. Periksa koneksi baterai

Masalah yang mungkin terjadi adalah koneksi yang longgar pada baterai, yang mengharuskan untuk membersihkan dan mengencangkannya. Jika masalah tersebut tidak terjadi pada konektor, baterai mungkin rusak atau korosi. 

Periksa baterai dan periksa jika terdapat korosi, jika ada, lepaskan dan keluarkan baterai dan bersihkan. Untuk membersihkannya, campurkan sedikit soda kue dengan air panas, ambil sikat gigi yang kaku dan gosok ujungnya setelah dicelupkan ke dalam campuran. Setelah korosi dihilangkan, bersihkan konektor dan keringkan dengan handuk kertas. Sambungkan kembali dan coba putar inverter lagi.

3. Baterai yang habis atau rusak

Masalah yang Anda alami saat power inverter tidak berfungsi mungkin tidak berasal dari inverter itu sendiri. Masalahnya mungkin terletak pada baterai, terutama jika Anda menjalankan inverter dalam waktu yang lama. 

Baterai mungkin melemah dan cepat habis, atau mungkin terdapat kesalahan di dalamnya. Jika baterainya lemah, Anda mungkin harus menggantinya atau memperbaikinya jika memungkinkan. Jika baterai berbasis timbal-asam dan kehabisan asam, Anda harus menggantinya dengan asam baru, yang cukup untuk mengatasi masalah tersebut.

3. Diagnosis inverter

Jika masalah tidak terjadi pada saklar daya atau baterai, mungkin ada masalah pada inverter itu sendiri dan perlu dilakukan diagnosis untuk mengatasinya. Cara terbaik untuk melakukannya adalah dengan memahami cara kerja sistem dan mendapatkan diagram inverter. 

Setelah Anda memiliki diagram, saatnya untuk memeriksa setiap titik kontak satu per satu setelah membuka casing inverter. Jika Anda menemukan titik kontak yang terlihat baik, lanjutkan untuk memeriksa komponen lainnya. Anda harus menguji voltmeter dan komponen lainnya, dengan mengambil tindakan pencegahan keamanan ekstra untuk memastikan bahwa Anda keluar dari bahaya. Lepaskan koneksi dari semua komponen terlebih dahulu sebelum melakukan perbaikan.

4. Pesan dan ganti suku cadang

Jika menemukan bagian yang rusak, saatnya untuk memesan suku cadang pengganti dan memasangnya. Agar mendapatkan kualitas yang lebih baik, dapatkan suku cadang dari pabrikan yang sama. Setelah mendapatkan komponen baru, lepaskan bagian lama dari inverter dan pasang bagian baru dengan hati-hati. 

5. Uji inverter

Setelah mengganti suku cadang rusak dengan yang baru dan memasangnya pada tempatnya, saatnya untuk melakukan pengujian. Sambungkan inverter ke baterai dan hubungkan ke sumber daya yang terkontrol dan terbatas seperti lampu tegangan rendah. Gunakan voltmeter untuk mendapatkan pembacaan output inverter dan periksa apakah semuanya berfungsi dengan baik. Jika hasilnya baik, mesin akan bekerja dengan sempurna dan lampu juga akan menyala.

Jika Anda sedang mencari Inverter, temukan di Distributor Inverter SemarangDelta Mitra Solusindo. Kami merupakan Authorized Distributor dan System Integrator DELTA Industrial Automation di Indonesia. Kami menyediakan berbagai produk DELTA, termasuk HMI DELTA dan spare part mesin industri lainnya. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Comments are closed.