Inverter Delta VFD-VE Series

Cara Pengaturan Inverter atau Konverter Frekuensi VFD

Inverter atau konverter frekuensi digunakan untuk mengontrol motor tiga fase LV (tegangan rendah).

Penggunaan konverter frekuensi atau VFD (Variable Frequency Drive) dapat menawarkan berbagai keuntungan dan kemudahan, terutama di industri, dari segi ekonomi, teknis, dan ekologi.

Penggerak kecepatan variabel atau VFD juga dikenal sebagai VSD (Kecepatan Variabel).

Definisi Inverter Delta VFD

Inverter Delta atau konverter frekuensi merupakan suatu alat atau komponen yang fungsi utamanya adalah untuk mengatur kecepatan, perlambatan percepatan dan juga arah putaran motor. Namun, inverter biasanya cukup tersebar luas karena tugasnya mengubah arus searah menjadi arus bolak-balik. Fungsi Dasar Inverter

Fungsi Dasar Inverter

Kecepatan mesin dapat diatur dan dikurangi dengan berbagai cara. Jika dulu sistem untuk mengatur putaran mesin menggunakan sistem mekanis seperti menggunakan gearbox atau peredam kemudian beralih ke motor geser/rem, saat ini banyak menggunakan komponen solid state.

Di industri kita telah menemukan penggunaan perangkat yang meningkatkan penggunaan energi listrik. Misalnya menggunakan metode starting motor yang menggunakan system delta starting. Terlepas dari metode tersebut, hari ini kita menemukan VFD atau yang sering kita sebut inverter.

Berbeda dengan kontrol tradisional di mana kecepatan motor konstan. Namun, dengan menggunakan konverter/inverter frekuensi, kita dapat mengubah nilai putaran motor tanpa batas, asalkan berada dalam jangkauan operasinya.

Prinsip kerja Inverter

Inverter Delta C2000

Prinsip dasar inverter adalah dapat mengubah frekuensi menjadi lebih rendah atau lebih tinggi, yaitu dengan mengubah tegangan AC menjadi tegangan DC kemudian kembali menjadi tegangan AC dengan frekuensi yang berbeda atau dapat diatur.

Cara Pengaturan Inverter atau Konverter Frekuensi VFD

VFD ini mengontrol kecepatan motor dengan mengubah nilai frekuensi tegangan input motor, sehingga kita mendapatkan kecepatan dan torsi motor sesuai dengan kebutuhan yang kita inginkan.

Padahal biasanya kita menggunakan tegangan AC sebagai tegangan input inverter. Konverter digunakan untuk mengatur kecepatan motor disebut juga dengan trafo.

Biasanya untuk service lebih dikenal dengan service engine. Saat Anda menggunakan inverter, kecepatan motor listrik menjadi variabel. Kecepatan dapat diubah atau diatur sesuai kebutuhan.

Pencarian Cepat

Sebelum motor yang berjalan bebas benar-benar berhenti, motor dapat dihidupkan ulang tanpa mendeteksi kecepatan motor. Penggerak motor AC akan secara otomatis mencari kecepatan motor dan akan berakselerasi ketika kecepatannya sama dengan kecepatan motor.

Rem DC sebelum Berjalan

Jika arah putaran motor freerunning tidak stabil, jalankan rem DC sebelum start-up.

Hemat energi

Penghematan energi saat penggerak motor AC berjalan pada kecepatan konstan, namun akselerasi dan deselerasi daya penuh untuk mesin presisi juga membantu mengurangi getaran.

Operasi Multi-langkah

Untuk mengontrol kecepatan dan durasi 15 langkah dengan sinyal kontak sederhana.

Pergantian waktu akselerasi dan deselerasi

Saat penggerak motor AC menggerakkan dua motor atau lebih, motor ini dapat mencapai kecepatan tinggi tetapi masih bisa start dan stop dengan mulus.

Peringatan Terlalu Panas

Saat penggerak motor AC mengalami panas berlebih, ia menggunakan sensor termal untuk memberikan peringatan panas berlebih.

Terminal eksternal

Untuk menjalankan, berhenti, maju dan mundur dengan terminal eksternal

Komando Operasi

Pemilihan kontrol penggerak motor AC dengan terminal eksternal, keypad digital atau RS485.

Tahan Frekuensi

Tahan frekuensi output selama Percepatan/perlambatan

Mulai Ulang Otomatis setelah Kesalahan

Penggerak motor AC dapat dihidupkan ulang/disetel ulang secara otomatis hingga 10 kali setelah terjadi kesalahan.

Berhenti Darurat dengan Rem DC

Penggerak motor AC dapat menggunakan rem DC untuk berhenti darurat saat berhenti cepat diperlukan tanpa resistor rem. Jika sering digunakan, pertimbangkan pendinginan motor.

Pengaturan torsi berlebih

Level deteksi torsi berlebih dapat diatur. Setelah OC stall dan overtorque terjadi, frekuensi output akan disesuaikan secara otomatis. Sangat cocok untuk mesin seperti kipas dan pompa yang membutuhkan pengoperasian terus menerus.

Frekuensi Batas Atas/Bawah

Ketika pengguna tidak dapat memberikan batas atas/bawah, penguatan atau bias dari sinyal eksternal, ini dapat diatur secara terpisah di penggerak motor AC.

Lewati Pengaturan Frekuensi

Penggerak motor AC tidak dapat bekerja dengan kecepatan konstan dalam rentang frekuensi dapat dilewati. Tiga rentang frekuensi lewati dapat diatur.

Pengaturan Frekuensi Pembawa

Frekuensi pembawa dapat ditingkatkan bila diperlukan untuk mengurangi kebisingan motor.

Tetap Berjalan saat Perintah Frekuensi Hilang

Ketika perintah frekuensi hilang karena kerusakan sistem, penggerak motor AC masih dapat berjalan. Cocok untuk AC cerdas.

Sinyal Keluaran selama dijalankan

Tersedia sinyal untuk menghentikan pengereman (brake release) saat penggerak motor AC sedang berjalan. (Sinyal ini akan hilang saat penggerak motor AC berjalan.)

Sinyal Keluaran dalam Kecepatan Nol

Ketika frekuensi output lebih rendah dari min. frekuensi output, sinyal diberikan untuk sistem eksternal atau kabel kontrol.

Sinyal Keluaran pada Frekuensi yang Diinginkan

Ketika frekuensi output berada pada frekuensi yang diinginkan (dengan perintah frekuensi), sinyal diberikan untuk sistem eksternal atau kabel kontrol (frekuensi tercapai).

Sinyal Keluaran untuk Blok Dasar

Saat mengeksekusi Base Block, sinyal diberikan untuk sistem eksternal atau kabel kontrol.

Peringatan Overheat untuk Heat Sink

Ketika heatsink terlalu panas, itu akan mengirim sinyal ke sistem eksternal atau kabel kontrol.

Output Analog multi-fungsi

Nilai frekuensi, arus/tegangan keluaran dapat dibaca dengan menghubungkan pengukur frekuensi atau pengukur tegangan/arus.Banyak manfaat lain yang dapat dicapai dengan menggunakan inverter atau VFD (Variable Frequency Drive) ini. Banyak pabrikan atau merek yang memproduksi peralatan penggerak AC atau VFD (Variable Frequency Drive), salah satunya adalah produk penggerak AC ABB VFD atau VSD (Variable Frequency Drive).

Jika Anda sedang mencari Inverter, temukan di Distributor Inverter SemarangDelta Mitra Solusindo. Kami merupakan Authorized Distributor dan System Integrator DELTA Industrial Automation di Indonesia. Kami menyediakan berbagai produk DELTA, termasuk jual HMI DELTA. Segera hubungi admin untuk mendapatkan penawaran harga terbaik.

Comments are closed.