kwH meter

Sudah Tahu Perbandingan Power Meter Analog dan Digital? Yuk Intip Penjelasannya!

Power meter merupakan perangkat yang digunakan untuk mengukur daya listrik dalam suatu sistem. Informasi ini tentu saja penting bagi kita untuk mengawasi konsumsi energi baik dalam skala rumah maupun bisnis. Perangkat ini juga dapat digunakan untuk mengatasi masalah dalam peralatan listrik. Meskipun aplikasinya sudah luas, tetapi tak sedikit dari kita yang baru tahu kalau ternyata power meter terdiri atas dua jenis yang berbeda. Analog atau digital, apa bedanya? Mari kita bandingkan dari berbagai faktor!

Apa Itu Power Meter Analog?

Power meter analog merupakan tipe power meter yang menggunakan teknologi analog untuk menampilkan hasil pengukuran tenaga listrik. Daya listrik pada perangkat ini ditunjukkan dengan jarum dan skala dalam piringan aluminium yang digerakkan menggunakan induksi medan magnet. Beberapa komponen utama power meter analog diantaranya alat penyetel, kumparan tegangan, magnet, piringan, terminal, dan komponen perangkat elektronik kecil lainnya.

Kenali Istilah Power Meter Digital

Sementara itu, power meter digital bekerja melalui mikroprosesor yang terprogram. Beberapa komponen dalam power meter yang bisa digunakan antara lain informasi daya listrik, indikator LED, indikator kontraktor, segel metrology, LCD, dan tombol karet.

Perbandingan Power Meter Analog dan Digital

Baik power meter analog maupun digital, pada dasarnya kedua perangkat ini memiliki fungsi yang mirip dan prinsip input yang sama. Namun demikian, terdapat beberapa aspek yang membedakan kedua perangkat ini. Berikut rincian informasinya.

1. Perbandingan Akurasi Pengukuran

Secara umum, akurasi power meter digital lebih tinggi dibandingkan dengan analog. Pasalnya, power meter analog memiliki nilai galat akurasi 1-2%. Sementara itu, akurasi pengukuran power meter digital memiliki tingkat galat 0,5-1% saja.

Nilai error ini ternyata sangat dipengaruhi oleh kondisi lingkungan. Misalnya saja suhu ekstrim pada power meter analog mempengaruhi kinerja pegas dalam perangkat sehingga pembacaannya menjadi tidak akurat. Ini berbeda dengan power meter digital yang memiliki sensor suhu yang mampu mengkalibrasi pembacaan.

Faktor lain seperti kelembapan juga dapat menyebabkan korosi pada komponen internal power meter analog yang terbuat dari metal. Kelembapan yang ekstrim pada meteran digital juga dapat memengaruhi sirkuit elektronik. 

Akurasi pengukuran power meter analog juga dapat menurun seiring waktu karena mesin yang digerakkan secara mekanis sehingga sewaktu-waktu bisa aus dan turun kecepatannya. Ini berbeda dengan power meter digital yang bekerja dengan program sehingga lebih tahan lama.

2. Kemudahan Penggunaan

Jika dilihat dari antarmukanya, power meter analog dengan jarum dan skala tentunya membutuhkan interpretasi visual untuk menentukan jumlah daya yang terpakai. Ketepatan pembacaan informasi ini juga bisa berbeda tergantung dengan mata pengguna. 

Disisi lain, power meter digital dengan tampilan melalui LCD lebih mudah dipahami karena adanya angka yang jelas. Selain itu, power meter digital juga mampu menampilkan informasi tambahan seperti tarif listrik, waktu, dan tanggal. Tak hanya sampai disitu, perangkat digital ini juga menyediakan berbagai fitur tambahan seperti riwayat penggunaan energi, pengaturan alarm, hingga konektivitas pada jaringan rumah.

3. Keandalan dan Durabilitas

Berbicara mengenai tegangan dan arus listrik, tentu kita tidak bisa membayangkan arus yang mengalir bersifat konstan. Kadang kala, listrik memiliki noise atau lonjakan. Nah dilihat dari ketahanannya, ternyata power meter analog memiliki ketahanan yang cukup tinggi terhadap gangguan listrik dan lonjakan ini dibandingkan dengan power meter digital.

Selain itu, power meter digital memiliki beberapa komponen elektronik yang rentan mengalami kerusakan jika dibandingkan dengan power meter analog. Hal ini berakibat pada usia pakai power meter analog yang lebih panjang yakni sekitar 15-20 tahun berbeda dengan usia pakai meteran digital yang hanya berkisar 10-15 tahun saja.

4. Biaya dan Efisiensi

pemasangan kwh meter untuk rumah

Sebenarnya, harga meteran baik analog maupun digital sangat bervariasi tergantung dengan merek, model, fitur, dan akurasinya. Namun, secara umum harga pembelian meteran analog tentunya akan lebih murah dibandingkan dengan meteran digital. 

Jika dilihat dari biaya operasional, meteran digital membutuhkan biaya yang lebih tinggi karena dalam penggunaannya, perangkat ini memerlukan daya listrik. Meskipun demikian, dibandingkan dengan meteran analog, power meter digital memiliki beberapa fitur tambahan yang memungkinkan penggunanya untuk dapat menghemat energi lebih banyak.

5. Aplikasi dan Seleksi Lingkungan

Power meter analog membutuhkan instalasi yang sederhana dengan konsumsi energi yang rendah. Ketahanannya terhadap gangguan listrik, lonjakan tegangan, dan suhu ekstrim cocok untuk aplikasi industri atau pengguna yang tidak membutuhkan fitur canggih. 

Di sisi lain, power meter digital membutuhkan instalasi yang lebih kompleks namun menawarkan alternatif menghemat energi. Meskipun demikian, alat ini cukup rentan terhadap lonjakan tegangan dan suhu tinggi sehingga penggunaannya cocok untuk lingkungan rumahan yang menyediakan kondisi lingkungan stabil.  

6. Trend dan Inovasi Terbaru

Saat ini, power meter analog telah dilengkapi dengan nanoteknologi yang memungkinkan perangkat untuk bertahan lebih lama dengan tingkat presisi yang lebih tinggi. Bahkan, perangkat ini telah diintegrasikan dengan alarm dan indikator konsumsi energi.

Power meter digital telah dikembangkan untuk dapat terhubung dengan internet sehingga dapat dipantau dari jarak jauh. Selain itu, perangkat ini disertai dengan fitur yang lebih canggih seperti penggunaan komunikasi nirkabel untuk kemudahan transfer data. Di masa depan, power meter digital dirancang untuk penerapan AI dan sistem smart home.

Kesimpulan

Setelah melihat beberapa informasi terkait perbandingan antara power meter analog dan digital, kita tidak bisa semata-mata menilai mana yang lebih baik karena masing-masing perangkat memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Meskipun demikian, berdasarkan aspek pertimbangkan yang telah disebutkan, pilihlah power meter yang sesuai dengan kebutuhan, anggaran, dan prioritas.

Setelah mengetahui perbedaan power meter, Anda juga perlu mengetahui panel listrik dengan membaca artikel dengan judul Memahami Rangkaian Panel Listrik 3 Phase

Rekomendasi Distributor Power Meter Terbaik

Setelah memahami perbandingan antara power meter analog dan digital, langkah selanjutnya adalah memilih distributor yang tepat. Kunjungi Delta Mitra Solusindo untuk mendapatkan rekomendasi power meter yang paling sesuai dengan kebutuhan Anda. Temukan kualitas dan keandalan tanpa tanding di Delta Mitra Solusindo, distributor terpercaya pilihan Anda.

Alamat: Jl. Diponegoro VI No. 63, Kec. Banyumanik, Kota Semarang
Telepon:+62 24 7640 2285
WhatsApp: +62 811 320 0880
Email:[email protected]
Jam Kerja: Senin – Jumat (08.00 – 17.00 WIB)

Comments are closed.