lengan artikulasi

Eksplorasi Fitur dan Aplikasi Robotic Arms

Saking majunya dunia teknologi, saat ini berbagai tugas yang dulunya hanya dapat dilakukan oleh manusia dapat juga dilakukan oleh perangkat robot. Robotic arms dengan kemampuannya yang semakin canggih mampu melakukan berbagai tugas berat hingga presisi dalam berbagai bidang industri. Untuk mengetahui aplikasinya, mari kita telusuri perlahan dari dasar!

Apa itu Robotic Arms?

Robotic arms atau lengan robot merupakan salah satu bagian mesin robot yang dirancang untuk meniru gerakan sekaligus fungsi tangan manusia. Komponen lengan robot juga kurang lebih meniru manusia dengan serangkaian sendi, motor, sensor, serta alat pengendali. 

Melalui adanya komponen tersebut, hal ini memungkinkan robotic arms untuk melakukan tugas dengan presisi dan dengan kecepatan tinggi. Dalam dunia industri dan teknologi, robotic arms dinilai mampu meningkatkan produktivitas, keamanan, dan kualitas produk. 

Berbagai Fungsi Robotic Arms

Selain fungsi yang telah disebutkan, sebenarnya fungsi utama robotic arms adalah melakukan tugas secara otomatis dan semi-otomatis. Tetapi, masih banyak fungsi robotic arms yang masih harus kita tinjau. 

  1. Mengangkat dan Memindahkan Beban: Mulai dari barang ringan hingga berat, maupun barang dengan bentuk yang beragam, robotic arms mampu memindahkannya dengan mudah. 
  2. Pekerjaan Presisi: Robotic arms memiliki kontrol yang akurat sehingga dapat melakukan pekerjaan presisi dengan konsisten.
  3. Pemrosesan: Lengan robot juga dapat berfungsi dalam pengolahan bahan misalnya saja penggilingan atau pengeboran.

Secara umum, ketiga fungsi dasar ini banyak dieksplorasi dan divariasikan tergantung pada aplikasinya dalam bidang yang berbeda. Fungsi tersebut sangat mungkin dijalankan karena berbagai fitur yang dipasang dalam robotic arms.

Fitur Robotic Arms yang Mendukung Fungsi Kerja

sendi robotic arms

Fitur robotic arms bisa berbeda tergantung dengan penggunaan atau keperluannya. Tetapi, secara umum setidaknya terdapat 5 fitur umum yang terdapat dalam robotic arms. Beberapa fitur tersebut di antaranya:

  1. Sendi Fleksibel: Mirip dengan lengan manusia, robotic arms juga dilengkapi sendi yang memungkinkan pergerakan kompleks.
  2. Sensor: Berbagai jenis sensor yang banyak digunakan robotic arms seperti sensor tekanan, sensor jarak, dan sensor penglihatan sehingga memungkinkan lengan robot melakukan pekerjaan dasar seperti mendeteksi, mengukur, dan mengidentifikasi. Selain itu, sensor tabrakan juga dipasang untuk meningkatkan keselamatan kerja.
  3. Mikroprosesor: Mikroprosesor merupakan sistem pengendalian canggih yang memungkinkan robotic arms mengatur gerakan yang diperlukan.
  4. Interface: Beberapa robotic arms dilengkapi interface untuk memudahkan penggunanya melakukan penugasan pada perangkat ini.
  5. Integrasi: Fitur ini memungkinkan robotic arms dapat berintegrasi dengan perangkat lunak maupun perangkat keras lain.

Fitur-fitur tersebut menjadikan robotic arms sebagai alat yang fleksibel dan mudah diaplikasikan pada bidang mana pun. Namun seperti yang telah disinggung sebelumnya, fitur ini dapat berbeda tergantung dari jenis dan aplikasinya. Oleh karena itu, sebelum mengetahui aplikasi robotic arms, mari mulai dengan jenis-jenisnya!

Jenis-Jenis Robotic Arms

robotics arms

Ada beberapa jenis robotic arms yang hingga saat ini banyak digunakan dalam berbagai aplikasi. Dengan berbagai desain serta fungsi yang berbeda, berikut 6 jenis lengan robot yang perlu diketahui: 

Lengan Artikulasi

Sama halnya dengan istilah kedokteran, artikulasi menggambarkan hubungan antar tulang atau sederhananya sendi. Dalam robotic arms, lengan artikulasi juga menggambarkan sendi yang fleksibel dan memudahkan pergerakan bebas.

Lengan Robot Cartesian

Mendengar kartesian, tentu pikiran kita langsung terlempar pada sistem koordinat. Nah, prinsip jenis lengan robot ini tidak jauh berbeda. Pergerakannya terbatas mengikuti arah tiga sumbu berbeda (x, y, dan z).

Lengan Robot SCARA

SCARA atau Selective Compliance Assembly Robot Arm merupakan jenis lengan robot yang hanya memungkinkan pergerakan horizontal atau vertikal saja.

Lengan Robot Delta

Berbeda dengan jenis lengan robot sebelumnya yang terdiri atas satu lengan, lengan robot delta bisa memiliki tiga atau lebih lengan yang terhubung dalam pusat yang sama.

Lengan Robot Silinder

Seperti namanya, lengan robot satu ini menggunakan gerakan silinder atau mengelilingi satu lengan dengan gerakan vertikal.

Lengan Robot Paralel

Jenis lengan robot ini dapat dikatakan rumit karena strukturnya yang terdiri atas berbagai rantai kinematika dan bekerja secara bersamaan.

Perlu digaris bawahi bahwa setiap jenis robotic arm memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing, Tetapi yang pasti pemilihan jenis yang tepat bergantung pada aplikasi yang akan diimplementasikan.

Aplikasi Robotic Arms

Saat ini, hampir sebagian besar pekerjaan dalam berbagai bidang telah dikerjakan oleh robotic arms. Misalnya saja dalam bidang manufaktur dan industri, robotic arms digunakan untuk melakukan tugas seperti pengangkatan, pemasangan, penyortiran, pengelasan, penggilingan, pengemasan, pemeriksaan kualitas, dan lainnya. Tugas ini dilakukan untuk meningkatkan efisiensi produksi yang diiringi dengan konsistensi.

Contoh lainnya, aplikasi robotic arms digunakan di industri elektronik untuk melakukan perakitan serta uji komponen elektronik. Teknologi ini semakin maju ditandai dengan digunakannya robotic arms dalam dunia kesehatan untuk melakukan pekerjaan presisi seperti melakukan bedah. Aplikasi ini masih terus berkembang dengan terus ditambahkannya beberapa fitur serta adopsi teknologi yang jauh lebih inovatif. 

Kesimpulan

Robotic arms memanglah banyak menawarkan kepraktisan, kecepatan, serta presisi dalam hal produksi. Namun hal ini tidak serta merta mengeliminasi total pekerjaan oleh manusia. Nyatanya, robotic arms memerlukan pekerjaan kolaboratif dengan manusia untuk dapat beroperasi pada tingkat yang paling efisien.

Di Manakah Anda Bisa Mendapatkan Robotic Arms?

Setelah mengeksplorasi berbagai fitur dan aplikasi canggih dari Robotic Arms, inilah saatnya untuk mengambil langkah konkret. Temukan Robotic Arms terbaik yang akan mengakselerasi operasi industri Anda hanya di Delta Mitra Solusindo. Jangan lewatkan kesempatan untuk memaksimalkan efisiensi dan inovasi bersama kami!

Alamat: Jl. Diponegoro VI No. 63, Kec. Banyumanik, Kota Semarang
Telepon:+62 24 7640 2285
WhatsApp: +62 811 320 0880
Email:[email protected]
Jam Kerja: Senin – Jumat (08.00 – 17.00 WIB)

Comments are closed.